Logo Design by FlamingText.com
Logo Design by FlamingText.com
SELAMAT DATANG DI "GTR KITA" - SARANA BERBAGI KABAR DAN INFORMASI WARGA GRAND TEMBALANG REGENCY - KELURAHAN BULUSAN - KECAMATAN TEMBALANG - SEMARANG

Kamis, 12 Desember 2013

Menjadi Tetangga Baru Yang Baik

Saat Anda berpindah ke rumah baru, Anda tentu akan berjumpa dengan tetangga baru. Tetangga baru berarti orang baru yang karakternya belum tentu sama dengan tetangga Anda yang lama.
Sebagai warga baru, membangun hubungan baik dengan tetangga baru adalah hal yang penting. Apalagi mereka juga yang akan menjadi orang yang paling dekat dengan Anda dibandingkan dengan keluarga Anda yang rumahnya jauh. Oleh sebab itu, berikut ini beberapa tips untuk menjadi tetangga baru yang baik.
• Perkenalkan Diri
Sempatkan diri untuk memperkenalkan diri pada tetangga baru bersama keluarga Anda. Kenali mereka secara umum dan tanyakan hal-hal yang bersifat umum.
• Ramah
Sebagai tetangga yang baik, Anda harus selalu tersenyum dan menyapa mereka dengan ramah saat bertemu. Hal ini mungkin terlihat sepele, namun hal ini justru akan memperlihatkan perhatian Anda pada mereka.
• Ajak Berkunjung ke Rumah
Bagi para kaum perempuan, Anda dapat sesekali mengundang ibu-ibu di sekitar rumah untuk mengobrol dan minum teh bersama. Hal ini akan membangun keharmonisan dalam bertetangga.
• Jadilah Pendengar yang Baik
Saat berbicara dengan mereka, sebisa mungkin buatlah mereka nyaman. Saat mereka berbicara, sebaiknya Anda tidak memotong pembicaraan mereka.
• Jaga Keseimbangan
Jika Anda sudah banyak membantu tetangga, mintalah bantuan pada mereka sesekali. Minta bantuan tidak berarti Anda merepotkan mereka. Orang yang dimintai bantuan biasanya akan merasa bahwa dirinya bisa bermanfaat bagi orang lain.
• Jangan Takut Minta Maaf
Jika suatu saat terjadi kesalahpahaman dengan tetangga Anda, jangan takut minta maaf. Anda bisa menjelaskan manfaat yang sebenarnya dan jangan biarkan masalah sampai berlarut-larut.
• Selalu Berbicara Positif
Saat berbicara dengan para tetangga, bicarakanlah hal-hal yang positif saja. Hindari untuk membicarakan orang lain dan pembicaraan yang bersifat negatif misalnya mengkritik atau bergosip karena saat Anda ikut terjebak dalam pembicaraan seperti ini, bisa saja hal ini justru menjadi bumerang untuk Anda sendiri.(*)

- See more at: http://www.perempuan.com/read/menjadi-tetangga-baru-yang-baik#sthash.StwMvDu6.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar