Logo Design by FlamingText.com
Logo Design by FlamingText.com
SELAMAT DATANG DI "GTR KITA" - SARANA BERBAGI KABAR DAN INFORMASI WARGA GRAND TEMBALANG REGENCY - KELURAHAN BULUSAN - KECAMATAN TEMBALANG - SEMARANG

Rabu, 18 Desember 2013

Memanfaatkan Lahan Sempit untuk Tanaman Toga

Sekarang ini, kita sulit menemukan pekarangan luas di dekat rumah yang bisa digunakan untuk penghijauan. Ini karena harga tanah, apalagi di perkotaan, makin lama semakin mahal. Orang lebih memilih memanfaatkan lahan yang kosong untuk membangun rumah ataupun membikin rumah petak untuk dikontrakkan.
Tapi bukan berarti kita tidak bisa memiliki tanaman di rumah yang sempit. Kalau jeli, kita bisa memanfaatkan sedikit lahan yang masih tersisa di sekitar rumah kita untuk dijadikan media tanaman. Bahkan, jika rumah telah tertutup dengan semen dan ubin semua pun, kita masih bisa bercocok tanam dengan menggunakan media pot.
Tentunya, tidak semua tumbuhan bisa ditanam di lahan yang sempit. Nah, karena terbatasnya pohon yang bisa ditanam, kita harus selektif memilih tanaman yang baik untuk lingkungan sekaligus bermanfaat untuk penghuni rumah. Salah satu jenis tanaman yang bermanfaat untuk kita adalah toga. Ini bukan toga untuk wisuda, melainkan singkatan dan dari tanaman obat keluarga. Sesuai dengan namanya, toga memiliki beberapa jenis tanaman yang bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit.
Salah satu tanaman yang bisa dikategorikan toga adalah kencur. Tidak hanya ditanam di lahan yang luas, kencur juga bisa dibudidayakan di dalam pot. Apalagi daun dan bunganya cantik. Jadi, tanaman ini sekaligus bisa dijadikan sebagai hiasan rumah.

Caranya penanamannya pun cukup mudah. Masukkan bibit kencur ke dalam pot berdiameter sekitar 20 sentimeter yang telah diisi tanah. Yang menarik, tanaman ini tidak perlu perawatan ekstra. Yang penting airnya cukup, tetapi tidak terlalu basah dan tak menggenangi tanah. Yang perlu diingat, kencur akan tumbuh subur dan bagus pada musim hujan. Biasanya, kencur bisa dipanen setelah berusia 6-8 bulan.
Sebagai salah satu tanaman toga, kencur bisa mengobati berbagai penyakit, antara lain sebagai berikut.
1. Obat Flu untuk Bayi
Caranya, ambil kencur sebesar ibu jari dan dua lembar daun kemukus. Tumbuk halus dan tambahkan beberapa sendok air hangat. Oleskan pada bagian seputar hidung bayi.
2. Obat Batuk untuk Bayi
Bersihkan kencur dari kulitnya. Lalu, parut dan peras. Ambil sarinya. Tambahkan satu sendok air hangat, lalu diminumkan ke bayi. Yang perlu diingat, ini khusus untuk bayi yang sudah mendapat makanan pendamping air susu ibu (ASI) atau bayi berumur enam bulan ke atas. .Untuk bayi yang masih dalam masa ASI eksklusif atau di bawah umur enam bulan, kita bisa menambahkan satu tetes perasan kencur dicampur ASI.
3. Obat Radang Lambung
Bersihkan dua kencur sebesar ibu jari. Kunyah kencurnya, lalu buang ampasnya. Setelah itu, minum segelas air. Lakukan secara rutin setiap hari sampai sembuh.
4. Obat Masuk Angin
Caranya, kencur dimakan dengan garam, seperti lalapan. Lalu, minum segelas air. Lakukan pada pagi dan malam hari.
5. Ramuan Memperlancar Haid
Siapkan dua kencur sebesar ibu jari, satu lembar daun trengguli, satu biji buah cengkeh tua, dan adas pulawaras secukupnya. Proses pembuatannya, kencur dicincang, lalu dicampur dengan bahan lain dan direbus bersama tiga gelas air sampai mendidih. Terus rebus hingga air tinggal dua gelas, kemudian disaring. Minum sekali sehari dua cangkir sekaligus.
6. Obat Keseleo
Siapkan kencur dan beras yang sudah direndam air. Campur dan tumbuk kedua bahan ini, lalu oleskan atau gosok pada bagian yang keseleo.
Ternyata, begitu banyak khasiat kencur dari hasil tanaman toga. Ini baru satu jenis tanaman. Bayangkan manfaat yang didapat jika kita memiliki toga yang terdiri atas berbagai tanaman seperti jahe, kunyit, dan lengkuas. Karena masuk kategori umbi-umbian, tumbuh-tumbuhan ini memiliki cara tanam yang tidak jauh berbeda dengan kencur. Jadi, kita bisa memanfaatkan lahan kosong di sekitar kita untuk ditanami berbagai tanaman tersebut.
Tentu saja tanaman yang masuk kategori toga tidak hanya berupa umbi-umbian. Masih banyak jenis tanaman lain. Berikut ini macam tanaman toga yang daunnya bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit.
1. Seledri bermanfaat untuk menyembuhkan tekanan darah tinggi.
2. Belimbing juga berguna untuk menyembuhkan tekanan darah tinggi.
3. Kelor untuk mengobati panas dalam atau demam.
4. Daun bayam duri dapat digunakan untuk mengobati kurang darah.
5. Kangkung berkhasiat untuk mengobati insomnia.
6. Sirih untuk menyembuhkan batuk, antiseptik, dan obat kumur.
7. Jambu biji untuk menyembuhkan diare.
Selain itu, ada tanaman toga yang batangnya memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit. Ini antara lain sebagai berikut.
1. Kayu manis untuk mengobati penyakit batuk, sesak napas, nyeri lambung, perut kembung, diare, rematik, dan menghangatkan lambung.
2. Jeruk nipis, kulit batangnya dapat digunakan sebagai antiseptik, sehingga bisa dipakai bahan baku obat kumur.
Jika kita memanfaatkan lahan yang sempit di rumah untuk menanam tanaman toga, selain membuat rumah kita rindang, kita juga tidak perlu repot-repot membeli obat ketika sedang sakit. Mau mencoba memanfaatkan lahan yang ada untuk tanaman toga?
Sumber: Diolah dari id.shvoong.comibujempol.com, dan lestarimandiri.org
- See more at: http://www.sobatbumi.com/solusi/view/216/Memanfaatkan-Lahan-Sempit-untuk-Tanaman-Toga#sthash.e4HpwIoJ.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar