Logo Design by FlamingText.com
Logo Design by FlamingText.com
SELAMAT DATANG DI "GTR KITA" - SARANA BERBAGI KABAR DAN INFORMASI WARGA GRAND TEMBALANG REGENCY - KELURAHAN BULUSAN - KECAMATAN TEMBALANG - SEMARANG

Senin, 29 Oktober 2012

Pentingnya Bertetangga Untuk Kehidupan Sosial

Menjalani kehidupan sehari-hari tentu tidak terlepas dari hubungan dengan tetangga. Pentingnya bertetangga pun akan terasa ketika Anda membutuhkan pertolongan dan merekalah yang pertama bisa membantu Anda karena jaraknya paling dekat. Berbagai cara bisa Anda lakukan untuk menjaga hubungan tetap harmonis dengan tetangga, seperti berikut ini :

Jangan menutup diri
Jika Anda menutup diri dengan terus berdiam di rumah dan tidak mau bersosialisasi maka bagaimana tetangga bisa mengenali. Mulailah melakukan aktivitas di luar rumah seperti berkebun, membersihkan kendaraan, jalanan, dan kegiatan lainnya yang memungkinkan Anda bisa bertegur sapa dengan tetangga.

Berolahraga
Mulailah berolahraga di sekitar lingkungan rumah. Selain menjaga kebugaran tubuh juga bisa dijadikan ajang bersosialisasi dengan tetangga. Menyapa semua orang yang ditemui dan siapa tahu Anda akan mendapatkan sahabat baru.

Ramah
Tersenyum dan sapalah tetangga Anda tanpa perlu memandang usianya. Anda tentu tidak ingin dikenal sebagai tetangga yang sombong oleh orang-orang bukan?

Jangan malu meminta bantuan
Jangan segan ketika Anda membutuhkan pertolongan tetangga. Misalnya untuk mengecat tembok atau membetulkan pagar. Namun tentunya meminta pertolongan ini harus wajar dan tidak memberatkan tetangga. Jangan lupa untuk menghidangkan minuman dan makanan sebagai ucapan terima kasih. Dengan meminta bantuan pada tetangga diharapkan mereka juga tidak segan jika membutuhkan bantuan Anda.

Aktif
Aktif dalam kegiatan di sekitar lingkungan, baik itu rapat karang taruna, rapat RT/RW, rumah peribadatan, dan lainnya. Ajang ini bisa membantu Anda mengenal orang sekitar. Anda bisa mengetahui jadwal kegiatan tersebut melalui flyer yang tertempel di sekitar rumah.

Mengirim bingkisan
Anda pintar memasak atau baru pulang dari luar kota? Tidak ada salahnya berbagi makanan dengan tetangga. Anda bisa mengirim kue atau masakan buatan sendiri dan siapa tahu bisa memberikan keuntungan di kemudian hari.

    Pentingnya bertetangga akan terasa ketika Anda membutuhkan bantuan, terlebih jika keluarga berada jauh. Oleh karena itu penting sekali untuk menjaga keharmonisan hubungan dengan tetangga.

(Sumber: www.melindahospital.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar